STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB PGRI KAMAL

Authors

  • Bayu Sabilha Naufal Universitas Trunojoyo Madura
  • Nova Estu Harsiwi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.176

Keywords:

Strategi, Percaya Diri, Tanggung Jawab

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi dalam mengembangkan karakter percaya diri dan tanggung jawab siswa di SLB PGRI KAMAL. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan informan penelitian berasal dari guru kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk mengembangkan karakter percaya diri dan tanggung jawab siswa di SLB PGRI KAMAL meliputi program akademik dengan metode ceramah dan tanya jawab bagi siswa tunarungu, serta layanan bimbingan konseling berupa terapi bimbingan karier dan pengembangan bakat melalui vokasional bagi siswa tunarungu. Hambatan yang dihadapi termasuk masalah komunikasi dan kurangnya dukungan serta partisipasi beberapa orang tua dalam kegiatan tertentu. Solusi yang diterapkan meliputi pendampingan saat pembelajaran di kelas dan kegiatan di luar kelas, pelatihan bina bunyi dan irama (BKBPI), latihan membaca gerakan bibir, serta pelatihan self-care dan bersosialisasi. Strategi yang digunakan meliputi direct instruction, demonstrasi, dan modelling, serta strategi peer tutorial dengan membentuk rombongan belajar (rombel) yang terdiri dari 2-3 kelompok dalam satu kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Creswell, John W. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Terjemahan oleh Ahmad Fawaid. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gainau, Maryam. B. 2013. “Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Bimbingan Konseling”. Jurnal Pendidikan Luar Biasa. Vol. 9(1): hal. 14-25.

Anwar, Sudirman. 2015. Management of Student Development:Perspektif Al Qur’an & AsSunnah. Riau: Yayasan Indragiri.

Iswidharmanjaya, D dan Agung, G. 2004. Satu Hari Menjadi Percaya Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Diahwati, Rina. 2016. “Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1(8): hal. 1612-1620.

Citra, Yulia. 2012. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran”. Jurnal IlmiahPendidikanKhusus. Vol. 12(1): hal. 237 249.

Agustiningrum, Maria Denok Bekti. 2013. “Penanganan Kesulitan Belajar (Rendahnya Rasa Percaya Diri) Pada Siswa Tuna Rungu-Wicara Melalui Pembelajaran Tari Di SLB-B Se Jawa Tengah”. Majalah Ilmiah Pawiyatan 1 (Edisi Khusus Dies Natalis). Vol. 20(3): hal. 1-15.

Published

2024-07-30

How to Cite

Naufal, B. S., & Harsiwi, N. E. (2024). STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB PGRI KAMAL. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1469–1475. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.176

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)