EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKLUSI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI BUGIH PAMEKASAN

Authors

  • Ilmiyah Ilmy Universitas Trunojoyo madura
  • Nova Estu Harsiwi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.178

Keywords:

Pembelajaran Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan sempurna. Kesempurnaan seorang anak dapat dilihat dari kondisi fisik dan mentalnya. Tidak semua anak dilahirkan dalam keadaan kondisi fisik dan mental yang normal. Kategori normal berarti tidak mengalami suatu kendala atau gangguan apapun terhadap kondisi psikis, fisik dan kondisi abnormal atau mempunyai kelainan pada kondisi anak tertentu. Keuntungan dari pendidikan inklusi anak hiperaktif maupun anak biasa dapat saling berinteraksi secara wajar sesuai dengan tuntutan kehidupan sehari-hari dimasyarakat, dan kebutuhan pendidikannya dapat terpenuhi sesuai potensinya masing-masing. Artikel ini hasil penelitian yang bertujuan:1)Mendeskripsikan jenis-jenis peserta didik  ABK di SLB Negri Bugih Pamekasan, 2).Implementasi pembelajaran inklusi yang dilaksanakan di SLB Negri Bugih Pamekasan, 3).Mengetahui kualifikasi guru dalam pembelajaran inklusi, 4).Mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran inklusi, 5).Mendeskripsikan cara mengatasi hambatan yang ada. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Diskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang yang    diamati atau diwawancarai.Teknik analisis data dengan model interaktif. Subyek penelitian ini adalah   Kepala Sekolah, guru yang melaksanakan pembelajaran inklusi, dan peserta  didik kelas inklusi. Teknik pengumpulan data, yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara,dan  observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Mahmud. 2011. Metode Penelelitian Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: UIP.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2024-07-30

How to Cite

Ilmy, I., & Harsiwi, N. E. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKLUSI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI BUGIH PAMEKASAN. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1485–1492. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.178

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)