PERAN GURU SHADOW DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK SLOW LEARNER DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN

Authors

  • Ihda Amalia Universitas Trunojoyo Madura
  • Nova Estu Harsiwi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.183

Keywords:

Peran, Guru Shadow, Slow Learner, Pembelajaran

Abstract

Slow learner merupakan Kondisi dimana siswa memiliki keterlambatan pada setiap mata pelajaran, pasif, pencapainan yang terbatas dibandingkan dengan siswa lainnya karena sulit untuk menerima dan mempelajari materi. Pendidikan Inklusi merupakan pendidikan dimana siswa berkebutuhan khusus dapat diterima dan belajar bersama anak normal di sekolah reguler dan mendapatkan pelayanan pendukung dengan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru shadow untuk mendampingi siswa slow learner dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan satu sampel anak slow learner di kelas 2A SDN Muhammdiyah 1 Bangkalan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi guru shadow memiliki peran yang sangat penting dalam mendampingi anak slow learner agar tujuan pembelajaran dapat mereka capai dengan baik. Salah satu peran guru shadow yakni sebagai pembimbing yang dapat mengarahkan anak slow learner lebih displin dan membantu siswa slow learner untuk mengingkatkan kemampuan kognitifnya. Hasil wawancara dengan guru shadow, anak slow learner di kelas 2A mengalami perkembangan yang pesat baik dari segi kognitif maupun psikomotorik dibuktikan dengan mampu menulis dan mengerjakan tugasnya secara mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Zaenul Fitri dan Nik Haryanti, Metodologi Penelitian Pendidikan (Malang: Madani Media, 2020). h. 24

Handayani, T., & Martaningsih, S. T. (2022). Peran guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak slow learner di SD Muhammadiyah Dadapan. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(2), 124-136.

Khiyarusoleh, U. (2019). PERAN ORANGTUA DAN GURU PEMBIMBING KHUSUS KEPADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (SLOW LEARNER) DI SD NEGERI ARCAWINAGUN. JURNAL SELARAS, 1-10.

Kusumawati, V. M., Khamdun, K., & Purbasari, I. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1010-1018.

Latifah, A. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Peran Guru dalam Menghadapi Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2650-2662.

Nurfadhillah, S., Afifah, A., Putri, S. R., & Halimah, S. (2022). Peran Guru Pembimbing Khusus dalam Menangani Kesulitan Belajar bagi Anak Slow Learner di SDN Cimone 7. MASALIQ, 2(6), 724-737.

Soemantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT. Refika Aditama.

Published

2024-07-30

How to Cite

Amalia, I., & Harsiwi , N. E. (2024). PERAN GURU SHADOW DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK SLOW LEARNER DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN . Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1520–1526. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.183

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)