PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI POKOK MEMAHAMI GERAK TARI TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN UNSUR PENDUKUNG TARI (IRINGAN) MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII 3 SMP NEGERI 1 KUALA SIMPANG

Authors

  • Ulfatun Hasanah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.24

Keywords:

Gerak tari, Unsur Pendukung Tari Iringan, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya khususnya materi pokok memahami gerak tari tradisional dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Seni Budaya tentang gerak tari tradisional di kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Kualasimpang melalui penerapan metode demonstrasi. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam merenovasi pembelajaran dari teacher center ke student center melalui penerapan metode demonstrasi. Dengan demikian, siswa akan terlibat secara langsung dalam mencari, menemukan, dan menggali pengetahuannya sendiri. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan siswa melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian dari siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode demonstrasi mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya yang menggunakan metode ceramah. Jadi, kesimpulannya adalah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Seni Budaya tentang gerak tari tradisional berdasarkan unsur pendukung tari iringan di kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Kualasimpang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, Soli dan Sulo, Sulo Lipu La. 2008. Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Aqib, Aisyah. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Srategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk SMP. Jakarta: Kemendikbud.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Roestiyah. 2008. Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rositawaty, S. dan Muharam Aris. 2008. Senang Belajar Ilmu Kerajinan tangan Untuk SMP. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sagala, Syaiful.2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan Kerajinan tangan di SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2008.Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winataputra, Udin S., dkk. 2005. Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Buku Teks Pelajaran seni budaya kelas IX

Hawkins, Alma, 1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta

Published

2024-01-24

How to Cite

Hasanah, U. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI POKOK MEMAHAMI GERAK TARI TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN UNSUR PENDUKUNG TARI (IRINGAN) MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII 3 SMP NEGERI 1 KUALA SIMPANG. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 191–202. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.24

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.