PELATIHAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PERENCANAAN PRODUKSI DIGITAL MELALUI GOOGLE SPREADSHEET GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA UMKM DI BPR DANA MANDIRI BOGOR

Authors

  • Muhamad Arya Zhilla Universitas Pamulang
  • Prestasi Zebua Universitas Pamulang
  • M. Khusnan Hadi Universitas Pamulang
  • Ade Tiad Hendayana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2.87

Keywords:

UMKM, Produktivitas dan Kesejahteraan masayarakat

Abstract

Peningkatan produktivitas dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan hal krusial untuk mendukung pertumbuhan dan daya saing. Penelitian ini menjelaskan dampak positif pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dengan memanfaatkan perencanaan produksi digital melalui Google Spreadsheet dalam meningkatkan produktivitas UMKM.Melalui metode penelitian lapangan dan studi kasus pada beberapa UMKM, ditemukan bahwa integrasi Google Spreadsheet memungkinkan UMKM mengoptimalkan alokasi tenaga kerja, merinci perencanaan produksi, dan meningkatkan keterlibatan karyawan. Ketersediaan data real-time memungkinkan pemilik UMKM untuk merespons dinamika pasar dengan lebih cepat dan efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang mengadopsi perencanaan produksi digital mencapai peningkatan produktivitas yang signifikan. Meskipun terdapat beberapa tantangan terkait pemahaman teknologi dan keamanan data, manfaatnya dalam meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing UMKM menjadi lebih nyata. Penelitian ini memberikan landasan bagi UMKM untuk menggabungkan pengelolaan SDM dan perencanaan produksi digital dengan Google Spreadsheet sebagai solusi praktis untuk meningkatkan produktivitas. Rekomendasi disampaikan agar UMKM menyediakan pelatihan teknologi kepada karyawan, serta memperhatikan kebijakan keamanan data untuk memastikan keberlanjutan penerapan perangkat lunak tersebut. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi praktis untuk memperkuat daya saing UMKM melalui efektivitas pengelolaan SDM dan perencanaan produksi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa Anastasya, https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah- dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia

Arkan Perdana.2021.Berkenalan dengan Google Sheets, Aplikasi Spreadsheet yang Gratis dan Komplet. glints.com (https://glints.com/id/lowongan/google- sheet-adalah/)

Dokumentasi Google Workspace (Bahasa Indonesia). (https://support.google.com/docs/answer/7068618?hl=id) - Sumber resmi Google yang menyediakan panduan dan tutorial penggunaan Google Spreadsheet.

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara, Jakarta. https://majoo.id/solusi/detail/produktivitas-adalah

Kementerian Koperasi dan UKM. (https://www.kemenkopukm.go.id/) - Sumber resmi Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia yang menyediakan informasi terkait UMKM.

Marsha N. Safithr, 2023. Pengertian dan Cara Menghitungnya Produktivitas. Majoo.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Perusahaan Mikro, Kecil, dan Menengah. (https://www.kemenkopukm.go.id/id/publikasi/undang-undang)

Purwanto, A. (2018). Mengenal Google Spreadsheet Sebagai Alat Bantu Pengolahan Data. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 3(2), 129- 134.

Soeharto, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Produktivitas Kerja Karyawan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

TECH.2023. Formula Google Sheets yang Sering Digunakan di Dunia Kerja. CNBC Indonesia.(https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230109131857- 37-403976/formula-google-sheets-yang-sering-digunakan-di-dunia-kerja)

Published

2024-04-30

How to Cite

Zhilla, M. A., Zebua, P., Hadi, M. K., & Hendayana, A. T. (2024). PELATIHAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PERENCANAAN PRODUKSI DIGITAL MELALUI GOOGLE SPREADSHEET GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA UMKM DI BPR DANA MANDIRI BOGOR. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(2), 844–855. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2.87

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.