IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI KELURAHAN SUNGAI LAKAM BARAT KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN

Authors

  • Ahmad Ridho Giovani Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Kustiawan Kustiawan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Ryan Anggria Pratama Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.34

Keywords:

Implementasi, Program KIA

Abstract

Fenomena permasalahan yang terjadi  di lapangan dalam melaksanakan program KIA di Kabupaten Karimun sampai saat ini masih banyak anak yang belum memiliki Kartu Identitas Anak dikarenakan ada beberapa penyebab yaitu minimnya antusias warga khususnya para orang tua di Kabupaten Karimun terhadap KIA dan masih minimnya informasi terkait tentang KIA bahkan setiap anak di wajibkan untuk memiliki kartu identitas dan masih banyak  manfaat atau kegunaan KIA di Kabupaten Karimun karena sampai dengan hari ini masih sama belum menjadi prioritas syarat wajib di instansi pemerintah bahkan swasta serta tidak ada berlaku sanksi bagi orang tua atau anak yang belum memiliki KIA dan apa  yang dirasakan bagi masyarakat, peneliti ingin mengkaji lebih lanjut mengenai “Implementasi Program Kartu Identitas Anak (KIA) Di Kabupaten Karimun. Objek penelitian ini adalah implementasi Kartu Identitas Anak (KIA) penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pedoman wawancara menggunakan teori David C Korten yang berindikator, Indikator Program yaitu Program adalah berkaitan dengan hal ini adalah tujuan yang ingin dicapai secara jelas yaitu implementasi Kartu Identitas Anak (KIA) adanya tujuan kebijakan dalam mencapai tujuan pengimplementasian Kartu Identitas Anak (KIA) adanya strategi dalam pelaksanaan pengimplementasian KIA. Indikator Pelaksana yaitu Kelompok sasaran harus ada kesesuaian antara kelompok sasaran dengan organisasi pelaksana untuk dapat memperoleh hasil program yang sesuai dengan kelompok sasaran program, dalam hal ini yang menjadi sasaran anak dibawah umur 17 tahun ke bawah.  Indikator Sasaran Pelaksana yaitu pelaksanaan harus ada kesamaan antara program organisasi pelaksana yaitu kesamaan antara tugas yang di syaratkan oleh program dengan kemampuan organisasi dalam hal ini dinas kependudukan dan pencatatan sipil dalam pengimplementasian KIA oleh karena itu kemampuan implementator merupakan SDM yang memperngaruhi keberhasilan implementasi dalam hal ini pengimplementasian KIA.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awang, A. (2010). Implementasi Pemberdayaan Pemerintah Desa. Pustaka Pelajar.

Bahri Syamsul, et. al. (2020). Model Impelemtasi Program Lembaga Penjamin Mutu. Widina Bhakti Persada Bandung.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik (pertama). Perpustakaan Nasional.

Maulidiah Sri. (2014). Pelayanan Publik (Petama). CV. Indra Prahasta.

Pramono, J. (2020). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik (Pertama). Suluh Media.

Purwanto Agus, E., et. al. (2012). Implementasi kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Di Indonesia. Penerbit Gava Media.

Purwanto, H. J. dkk. (2019). Pemimpin & Implementasi Kebijakan Publik. Alqaprint Jatinagor.

Rusdiyanta, et. al. (2022). Kebijakan Publik Aktor, Model dan Proses (Pertama). Suluh Media.

Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian (Haidir (ed.)). Ciptapusaka Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Suluh Media.

Sulastri, S., et. al. (2016). Implementasi Evaluasi Formatif Program Pembangunan Sosial (EFPPS) (Pertama). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suparno. (2017). Implementasi Kebijakan Publik Dalam Praktek. Dwiputra Pustaka Jaya.

Syahruddin. (2020). Implementasi kebijakan publik (Pertama). Penerbit Nusa Media.

Tresiana, Novita, et. al. (2021). Implemtasi Kebijakan Publik Pentingnya Kapital Sosial dan Kop Produksi. Suluh Media.

Dimas, D. S. D. A. (2022). Pelayanan Kartu Identitas Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. NPP. 29.1867.

Eksa, Y. (2021). Efektivitas Program Kartu Identitas Anak Di Dinas Kepedudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Banyumas. Universitas Jendral Soedirman.

Fatonah, K., Alfian, A., & Lestari, S. (2021). Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 194.

Gunawan, I. (2020). Implementasi Program Kartu Identitas Anak Melalui Pelayanan Keliling (Studi Di Desa Pematang Mayan Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jebung Timur Provinsi Jambi). In Kaos GL Dergisi (Vol. 8, Issue 75).

Hafiz, M., Hendrayady, A., & Edison. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Program Kartu Identitas Anak (KIA) Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjung Pinang. Student Online Journal, 1(2), 364–373.

Holidin, H. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam Mewujudkan Perlindungan Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Journal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(5), 379–386.

Irenes, M. M., & Setiamandani, E. D. (2019). Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 8(4), 272-277.

Khairiah Nalil, et. al. (2021). Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Sebagai Implementasi Hak-Hak Anak Di Kabupaten Langkat. Jurnal Administrasi Publik Dan Kebijakan (JAPK), 1, 1–9.

Krisnawati, M., Wahid, A., & Anhar, D. (2020). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

Ningsih, R. (2021). Implementasi Program Kartu Identitas Anak (Kia) Oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Ppkn, S., Iserlydwimarlisagmailcom, U., & Ppkn, S. (2022). Dalam Memiliki Kartu Identitas Anak iSerly DwiiMarlisai Rahmanu Wijaya Abstrak. 10, 382–396.

Pasaribu, Ria Ratna Sari. "Implementasi Kebijakan Dalam Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu." Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP) 8.1 (2019): 158-162.

Ramadhanti, G., Hegia Sampurna, R., Mulyadi, A., Studi, P., Publik, A., Administrasi, I., & Humaniora, D. (2021). Efektivitas Implementasi Program Kartu Identitas Anak Effectiveness of Implementing Child Identity Card Program. 7(April), 51–58.

Rohman, N., Wirjatmi, E., Lestari, T., & Sufianti, E. (2021). Strategi Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak di Kabupaten Purwakarta. Ilmu Administrasi Negara, 8, 130–141.

Sri Hardjanto, U. (2019). Kebijakan Penerbitan Kartu Identitas Anak di Kota Semarang. Administrative Law and Governance Journal, 2(2), 301–313.

Tanti, N. (2019). Sosialisasi Program Kartu Identitas Anak Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(3), 1–11.

V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Upaya Pemerintah Dalam Memberikan dan Melindungi Hak Anak. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. (2021). Jenis Layanan dan Persyaratan Dokumen Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Published

2024-01-30

How to Cite

Giovani, A. R., Kustiawan, K., & Pratama, R. A. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI KELURAHAN SUNGAI LAKAM BARAT KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 296–306. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.34

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.