PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERCAKAP CAKAP DALAM BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD YPPGI NOKAPAKA
DOI:
https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2.16Keywords:
Model Pembelajaran Scramble,Tema Cita-citaku dan Hasil BelajarAbstract
Keberhasilannya proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh seorang guru yang melakukan transfer ilmu (knowledge transfer) melalui proses pembelajrannya,dalam hal ini strategi pembelajaran menjadi penting dalam proses belajar tersebut. Banyak pembelajaran pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh para gura, pembelajaran yang sering digunakan dalam proses pembelajaran tersebut, antara lain:Pembelajaran Ceramah, Pembelajaran Tanya jawab, Pembelajaran diskusi, Pembelajaran pemberian tugas, Pembelajaran demontrasi, Pembelajaran karyawisata, Kerja kelompok (inquiri), Pembelajaran bermain peran, Pembelajaran dialog, Pembelajaran bantah membantah, dan Pembelajaran bercerita. Berdasarkan pertimbangan di atas, maka perlu dikembangkan suatu metode pembelajaran yang mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kegiatan belajar mengajar tidak hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Selain itu, melalui pemilihan metode pembelajaran tersebut diharapkan sumber informasi yang diterima siswa tidak hanya dari guru melainkan juga dapat meningkatkan peran serta dan keaktifan siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu yang ada terutama mata pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dirumuskanlah judul penelitian tindakan kelas ini sebagai berikut: “Peningkatan hasil belajar bercakap cakap bahasa inggris melalui pembelajaran dengan media games puzzle pada siswa kelas V SD YPPGI NOKAPAKA Tahun Pelajaran 2023/2024”, Berdasarkan yang ada maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah, Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan media games puzzle untuk peningkatan hasil belajar bercakap cakap bahasa inggris pada siswa kelas V SD YPPGI NOKAPAKA serta Apakah pembelajaran dengan media games puzzle dapat meningkatkan kepahaman siswa kelas V SD YPPGI NOKAPAKA tentang memberi informasi dalam Bahasa Inggris, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dan juga menggunakan penelitian tindakan kelas yaitu tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas serta Games Puzzle merupakan bentuk permainan yang menantang daya kreatifitas dan ingatan siswa lebih mendalam dikarenakan munculnya motivasi untuk senantiasa mencoba memecahkan masalah, namun tetap menyenangkan sebab bisa di ulang-ulang
Downloads
References
Bull, Glen. (2013). Refresh Your Flipped Classroom with Interactive Video. International Society forTechnology inEducation.Vol 43. (NO.1): 10-11.
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan
Digital.Bogor: Ghalia Indonesia.
Curtain, Helena & Dahlberg, Carol Ann. (2010). Language sand Chlldren: Making the Match: New
Languages for Young Learners, GradesK-8. Boston: Pearson Education Inc.
Damar, Ebru Atak. (2014). Task-Based Video Use for the Improvement of English Stress and
Intonation.Journalof EducationalandSocialResearch.Vol 4.(NO 2): 227-233. Dhani
Bintang, S., Mujibussalim, M., Mahfud, M., & Fikri, F. (2021). Confidentiality Clauses in InvestorState Contracts for the Protection of Trade Secrets after Promulgation of the Indonesian Act on
Public Information Disclosure. IIUMLJ, 29, 115.
Muslimah, M., Astrinitasillahi, A., Fikri, F., Muslimah, H., Khatimah, H., Kartini, K., ... & Shiddiq, S. (2021). Menembus garis batas: sebuah Perjalanan KKN Moderasi Beragama.
Darnita, C. D., Astrinitasillahi, A., Fikri, F., Muslimah, H., Khatimah, H., Kartini, K., ... & Muslimah, M. (2021). Handep hapakat dalam pemasangan bendera merah putih untuk memperkuat identitas nasional dan moderasi beragama pada masyarakat Kelurahan Petuk Bukit. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, 250-257.
Fikri, F., Moralista, E., & Yuliadi, Y. (2021). Kajian Korosi Struktur Conveyor C pada Tambang Batubara PT XYZ di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Prosiding Teknik Pertambangan, 594- 600.
Alpito, D., Etris, R., Fikri, F., & Sadyanti, K. (2021, August). Respon Masyarakat Terhadap Vaksin Covid-19. In SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin (Vol. 1, No. 1, pp. 65-69).
Ariza, N., Fikri, F., & Muhammad, H. (2021). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Islamic Education Studies: an Indonesia Journal, 4(1), 49-62.
FIKRI, F. (2021). ANALISISPENGARUHTINGK ATPENGETAHUAN, BUDAYA DAN
KESADARAN TERHADAP KEPATUHAN BERLALU LINTAS PENGENDARA SEPEDA MOTOR RUAS JALAN TENTARA PELAJAR SEMARANG. SKRIPSI.
Umar, M. S. A., & Qadaruddin, M. (2021). KH Muhammad Abduh Pabbajah's Da'wah to the Community in the City of Parepare. Al-Iftah: Journal of Islamic studies and society, 2(2), 160-180.
Rendi, R., Qadaruddin, M., & Islam, N. (2021). Da'i Da'wah Methods in Developing Youth Religious Activities in Tangru Village, Malua District, Enrekang Regency. Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, 3(2), 64-75.
Sesady, M., Wahid, A., Laupa, R., Bedong, M. A. R., & Syatar, A. (2021). BELIEF SYSTEM IN BULU NENE: RELATION TO ZIARAH RITUAL TRADITION IN PINRANG DISTRICT, INDONESIA. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(4), 1887-1896.
Gaffar, A., Rusdi, M. A., & Akbar, A. (2021). Kedewasaan Usia Perkawinan Perspektif Hadis Nabi Muhammad dengan Pendekatan Interkoneksitas Maslahah. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum
Islam, 15(1), 83-98.
Ismail, M., Amiruddin, M. M., Rusdi, M. A., & Ilham, M. (2021). The Spirit of Al- Gazali against
Capitalism in Pandemic Covid-19 Era. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 119- 133.
Rahmat, Y. O., Soumena, M. Y., & Bedong, M. A. R. (2021). Sistem Perjodohan pada Masyarakat
Bentengnge Kabupaten Pinrang Perspektif Hukum Islam. Syaksia: Jurnal Hukum Perdata Islam, 22(1), 1-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Satunggale Kurniawan, Muhammad Afifi Rahman, Mendiron Yigibalom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.