MAKNA LAFAZ YAD YANG DISEMATKAN KEPADA ALLAH DALAM AL-QUR’AN

Authors

  • Fahru Reza Hakim Universitas PTIQ Jakarta
  • Abd. Muid Nawawi Institut PTIQ Jakarta
  • Zakaria Husin Lubis Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2.93

Keywords:

Yad, Tangan Allah, Takwil, Tafwîdh, al-Itsbât

Abstract

Allah menegaskan dalam Al-Qur’an bahwa Ia tidak sama dengan sesuatu apapun, dan tidak ada satu pun  makhluk yang setara dengan-Nya, namun disaat yang sama Allah juga mengatakan di dalam Al-Qur’an bahwa Ia memiliki ‘tangan’, yang mana tangan sendiri merupakan salah satu sifat makhluk seperti manusia dan hewan. Sifat ‘tangan’ Allah ini selanjutnya ditafsirkan dengan metode yang berbeda-beda diantara ulama Islam sehingga menghasilkan penafsiran yang berbeda-beda pula. Diantara metode tersebut yang berkembang hingga saat ini adalah metode Takwil dan metode Tafwîdh yang keduanya dipakai oleh pengikut mazhab al-Asy’ariy dan  al-Maturidiy, dan kemudian metode al-Itsbât yang dibangun oleh Ibn Taimiyyah dan disebarkan oleh para pengikutnya dan pengikut Muhammad ibn Abd al-Wahhab an-Najdiy hingga saat ini. Oleh karena itu menarik untuk meniliti tentang berbagai metode tersebut dalam menafsirkan sifat ‘tangan’ Allah dan kemudian mengkomparasikan satu dengan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan metode tafsir komparatif dan Maudhû’i, dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data studi pustaka.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Asyur, M. at-T. bin. (1984a). Tafsîr at-Tahrîr wa at-Tanwîr, Juz 6. Tunisa: ad-Dar at-Tunisiah li an-Nasyr.

‘Asyur, M. at-T. bin. (1984b). Tafsîr at-Tahrîr wa at-Tanwîr Juz 3. Tunisa: ad-Dar at-Tunisiah li an-Nasyr.

Ahadah, A. (2022). PENAFSIRAN AYAT-AYAT MUTASYABIHAT DALAM AL-QUR’AN (Telaah Komparatif Antara Tafsir Al-Thabari dan Tafsir Anwar Al-Tanzil). Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v2i1.30

Al-Ashfahaniy, A.-R. (n.d.). Mufradât Alfâzh Al-Qur’ân. Beirut: Dar as-Shadir.

Al-Jauhariy, M. R. (2022). al-Madâkhil al-Yusriyyah fî Fahm Âyât as-Shifât al-Ilâhiyyah. al-Wabil as-Shaib.

Al-Jurjaniy, A. bin M. (n.d.). Mu’jâm at-Ta’rîfât. Cairo: Dar al-Fadhilah.

Al-Utsaimin, M. bin S. (2017). Talkhîs al-Hamaiyah, Terj. Zainul Abidin. Diponegoro: Pustaka Imam Bonjol.

As-Sa’diy, A. bin N. (2001). Taisîr al-Karîm ar-Rahmân fi Tafsîr Kalâm al-Mannân. Saudi: Dar as-Salam li an-Nasyr wa at-Tauzi’.

As-Sa’diy, A. bin N. (3001). Taisîr al-Karîm ar-Rahmân fi Tafsîr Kalâm al-Mannân. Saudi: Dar as-Salam li an-Nasyr wa at-Tauzi’.

As-Suyuthiy, A. (2017). al-Itqân fî ‘Ulûm al-Qur’ân. ad-Dar al-Alamiyah.

As-Suyuthiy, M. ibn A. al-M. dan A. ibn A. B. (2011). Tafsîr al-Jalâlain. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyyah.

Asegaf, J. (2013). Muhammad Al-Amîn Al-Syinqithy (W. 1393 H/ 1973 M) dan Karya Tafsîr Adhwâ’ Al- Bayân Fî Idhâh Al-Qur’ân Bî Al-Qur’ân. ESENSIA Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 14(2), 239–240. https://doi.org/10.14421/esensia.v14i2.759

Asy-Syaukaniy, M. bin A. (2007a). Fath al-Qadîr. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Asy-Syaukaniy, M. bin A. (2007b). Fath al-Qadîr. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Ayyasy, M. (2000). as-Shifât al-Khabariyyah ‘Inda Ahl as-Sunnah wa al-Jamâ’ah. al-Maktab al-Mishr al-Hadits.

Fauzi, R. (2023). Bentuk-bentuk Ma’rifatullāh dalam Interpretasi Al-Hizb Al-Rābi’ Syaikh Ahmad bin Idris al-Fasi. 3(1), 50–59. https://doi.org/10.58572/hkm.v3i1.32

Katsir, I. bin. (1999). Tafsîr al-Qur’ân al-A’zhîm , 1420 H, hal. 1642. Beirut: Dar Ibn Hazm.

Mandzur, I. (n.d.). Lisân al-Arab, Jilid 7. Beirut: Dar as-Shadir.

Moeloeng, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muchlis, B. (2019). Aplikasi Pola Penalaran Bayani Pada Surat Annisa’Ayat 43: Suatu Kajian Usul Fiqih Menurut Metode Penafsiran Semantik. 31(1), 1–17. https://doi.org/10.15548/ijt.v31i1.52

Muhammad bin Shalih al-Utsaimin. (2000). Syarh al-‘Aqîdah al-Wâsithiyyah Jilid 1. Riyadh: Dar Ibn al-Jauzi.

Muhammad Husein adz-Dzahabi. (1976). at-Tafsîr wa al-Mufassirûn, jlid 1. Maktabah Wahbah.

Muhammad, R. A. Z. (2001). Qoul as-Salâf fî as-Shifât al-Khabariyyah . Mesir: Dar Ushul al-Din.

Yahya, A., Bakar, S. A., & Rahman, M. (2022). Analisis Lafaz Tanshurullaha dalam Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an dan Tafsir Al-Kabir. Tafse, 7(1), 153. https://doi.org/10.22373/tafse.v7i1.12420

Yunus, M. (2010). Kamus Arab Indonesia. Ciputat: Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah.

Published

2024-04-30

How to Cite

Hakim, F. R., Nawawi, A. M., & Lubis, Z. H. (2024). MAKNA LAFAZ YAD YANG DISEMATKAN KEPADA ALLAH DALAM AL-QUR’AN. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(2), 876–886. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2.93