PENERAPAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN PAKAIAN ADA SUMBA DI KAMPUNG ADAT PRAIJING DESA TEBARA KABUPATEN SUMBA BARAT

Authors

  • Adriana Pigi Rewa Universitas Stella Maris Sumba
  • Trisno Trisno Universitas Stella Maris Sumba
  • Titus Kurra Universitas Stella Maris Sumba

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.44

Keywords:

Kain Adat Sumba, Augmented Reality, Pengenalan Pola

Abstract

Nusa Tenggara Timur (NTT) kaya akan pakaian tradisional yang beraneka ragam, masing-masing daerah atau kabupaten memiliki hasil tenunan dengan beraneka ragam motif sesuai dengan ciri khas dan adat istiadat budaya setempat. Salah satu unsur kebudayaan daerah adalah unsur pakaian adat tradisonal. Unsur pakaian adat tradisional dalam kehidupan nyata mempunyai fungsi sesuai pesan-pesan nilai budaya yang terkandung di dalamnya, yang berkaitan dengan aspek-aspek lain dari kebudayaan seperti ekonomi, sosial, politik, keagamanaan, dan pendidikan. Pesan-pesan nilai budaya yang disampaikan, pemahamannya dapat dilakukan dengan melalui berbagai simbol dalam ragam hias atau motif pakaian adat tradisional. Kain Tenun Sumba Barat memiliki warna dan motif yang berbeda-beda antara kabupaten yang satu dengan yang lain. Di Kabupaten Sumba Barat sendiri terdapat corak warna dan berupa permainan garis-garis yang di hiasi gambar-gambar seperti permainan kotak segitiga, jajar genjang dan lingkaran. Ada tiga suku besar di Sumba Barat ,yakni Lamboya, Wanokaka, dan Loli ada kain pawora, pahikung, lambaleko. Motif kain tenun Sumba Barat biasanya bergambar mamuli, buaya, kura-kura, ayam, kepiting, mata kerbau, kupu-kupu dan lain-lain. Setiap motif mempunyai makna dan filosofinya. Pada penelitian ini dilakukan di kampung adat praijng dengan menggunakan penerapan augmented reality berbasis android. Kampung adat Praijing itu sendiri merupakan kampung adat yang terletak di Sumba barat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pingge,D, and M. (2020). "Kain tenun ikat sebagai media pembelajaran ips di sekolah dasar." JIPSINDO Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia.22-43.

Ledi, F and D. "Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat." UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8.1 (2020): 87.

Kenedi et al (2019) pengembangan aplikasi augmented reality berbasis android un ntuk mengenalkan pakaian adat sumba pada wisatawan.jurnal informatika dan teknologi komunikasi.72-80.

Wijaya et al (2020) Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Memperkenalkan Kebudayaan Indonesia tradisi tari-tarian pada Masyarakat Umum melalu Media Digital.jurnal informatika dan sains.

Ramli (2018) Sistem Informasi Museum Berbasis Mobile Augmented Reality dengan Objek Koleksi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang Sumatera Barat.

Rawis et al (2018). Penerapan Augmented Reality Berbasis Android untuk Mengenalkan Pakaian Adat Tountemboan. Jurnal Teknik Informatika.

Published

2024-01-31

How to Cite

Rewa , A. P., Trisno, T., & Kurra , T. (2024). PENERAPAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN PAKAIAN ADA SUMBA DI KAMPUNG ADAT PRAIJING DESA TEBARA KABUPATEN SUMBA BARAT. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 387–395. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.44

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.