KLASIFIKASI DATA MINING KELULUSAN MAHASISWA (STIMIKOM) STELLA MARIS SUMBA MENGGUNAKAN ALGORITMANAIVE BAYES

Authors

  • Rahel Danga Tamo Universitas Stella Maris Sumba
  • Trisno Trisno Universitas Stella Maris Sumba
  • Titus Kurra Universitas Stella Maris Sumba
  • Uliyatunisa Uliyatunisa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.43

Keywords:

Kelulusan Mahasiswa, Naïve Bayes, STIMIKOM Stella Maris Sumba

Abstract

Dalam data mining, penelitian mengenai klasifikasi kelulusan mahasiswa sudah pernah dilakukan oleh peneliti lain. Sebagian besar penelitian tersebut difokuskan pada identifikasi variabel prediktor. Ada banyak penelitian dalam literatur terdahulu yang menjelaskan faktor-faktor apa saja yang dapat mensukseskan proses pengklasifikasian kelulusan mahasiswa. Pemilihan penggunaan algoritma Naive Bayes, dan  pada penelitian ini didasarkan pada beberapa alasan, yaitu: Selain ketiga algoritma tersebut sama-sama mudah diimplementasikan dan sama-sama dapat memberikan hasil yang baik dalam kasus klasifikasi, ketiga algoritma tersebut juga mempunyai beberapa keunggulan masing-masing. Implementasi data training sebanyak 51 data dengan algoritma Naive Bayes berhasil memprediksi besarnya kelulusan mahasiswa dengan persentase  keakuratan sebesar 74,67%, Sebanyak 184 mahasiswa sebagai data uji yang dihasilkan penelitian ini bahwa mahasiswa yang akan lulus tepat waktu sebanyak 42 mahasiswa atau sekitar 22,8% dari jumlah data testing dengan keakuratan sebesar 74,67%, Bagi Prang Studi Teknik Informatika berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak jurusan sebagai bahan pertimbangan bahwa dari jumlah data testing sebanyak 184 mahasiswa yang diperdiksi lulus tepat waktu sekitar 22,8% dan jumlah tidak tepat waktu 77,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David Hartanto kamagi, Seng Hansun, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4.5 untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa”, „Vol VI. No1. Juni 2014”.

Ridwan, M., Suyono, H., & Sarosa, M. (2013). Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Eeccis, 7(1), 59–64.

Mutiara Ayu Banjarsari, H. Irawan Budiman, danAndi Farmadi (2015). Penerapan Koptimal Pada Algoritma KKn Untuk Prediksi Kelulusan Tepat Waktu Mahasisw Program Studi teknikinformatika Berdasarkan IP Sampai Dengan Semester 4”. Program pascasarjana magister ilmu computer Sekolah tinggi manajemen informatika dan computer Nusa mandiri Jakarta 2017.

Wu X, Kumar V. 2009. The Top Ten Algorithms in Data Mining. New York: CRC Press

Nurdiawan, Odi. Noval Salim, 2018. Penerapan Data Mining Pada Penjualan Barang Menggunakan Metode Metode Naive Bayes Classifier Untuk Optimasi Strategi Pemasaran. (Online) , tersedia : http:// www.jurnalstmiksubang.ac.id

Published

2024-01-31

How to Cite

Tamo, R. D., Trisno, T., Kurra , T., & Uliyatunisa, U. (2024). KLASIFIKASI DATA MINING KELULUSAN MAHASISWA (STIMIKOM) STELLA MARIS SUMBA MENGGUNAKAN ALGORITMANAIVE BAYES. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 378–386. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.43

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.