PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER
DOI:
https://doi.org/10.62567/micjo.v2i1.380Keywords:
Aplikasi Canva, Minat Belajar, Mata Pelajaran KomputerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer di SMK Swasta Muhammadiyah 13 Sibolga. Pendidikan di era digital menghadapi tantangan besar dalam menarik minat siswa, khususnya dalam pembelajaran yang cenderung monoton dengan pendekatan konvensional. Salah satu solusi yang diajukan adalah penggunaan aplikasi desain grafis Canva yang memungkinkan siswa untuk menciptakan karya visual seperti poster, presentasi, dan infografis, guna mendukung pemahaman mereka terhadap materi pelajaran komputer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen angket untuk mengukur minat belajar siswa setelah menggunakan aplikasi Canva. Sampel penelitian terdiri dari 19 siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan yang dipilih dengan teknik total sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan SPSS, untuk menguji pengaruh penggunaan Canva terhadap minat belajar siswa. Hasil diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai peran teknologi dalam pendidikan serta memberikan rekomendasi bagi guru dalam mengoptimalkan media pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.
Kata Kunci: Aplikasi Canva, Minat Belajar, Mata Pelajaran Komputer
Downloads
References
Alamsyah, Alwiyah, et al. "EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MATA PELAJARAN INFORMATIKA." Jurnal Guru Pencerah Semesta 1.2 (2023): 77-87.
ASHAR, ASHAR, and ANDI ARIFUDDIN ISKANDAR. "PEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA." EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 4.3 (2024): 193-199.
Hajar, Oktaviona, et al. "Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar." Journal on Education 6.1 (2023): 6404-6413.
Haris, Devika Diyanti, and Mustari S. Lamada. "Penerapan Media Pembelajaran Canva untuk Menarik Minat Belajar Siswa di UPT SD Negeri 30 Binamu." Information Technology Education Journal 3.1 (2024): 14-18.
Irawan, Dandi, Rahmad Fauzi, and Sari Wahyuni Rozi Nasution. "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI." JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) 3.1 (2023): 16-26.
Riah, Kama, Maria Ulfah, and Edwin Mirzachaerulsyah. "Pengaruh Penggunaan Fitur Presentasi Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI Iis Sma Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10.16 (2024): 453-460.
Saza, Miftahul Fadila. Pengaruh media pembelajaran canva for education terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ski di kelas xi ips man 1 jakarta. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta, 2023.
Tahir, Arlientinus A., Dian Novian, and Sri Ayu Ashari. "PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X DI SMAN 6 GORONTALO UTARA: Implementation Of Interactive Learning Media Using Google Sites To Increase Students' Interest In Ict Subjects In Grade X At SMAN 6 North Gorontalo." Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 9.2 (2024): 37-49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAPIQ ANANDA DAULAY, Mutiara, Nurfitria Manik, Imam Samudra Harahap, Haida Nilfa, Fitrah Yuliana, Rifandi Pane, Mirna Pohan, Utri Siregar, Yeza Windana, Berlianta Siregar, Nina Sintya Bella, Ade Muhammad Mulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.