PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA MELALUI PELATIHAN OLAHAN TAHU DI RAJABASA JAYA RT 009 KOTA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Elfa Verda Puspita Institut Maritim Prasetiya Mandiri
  • Rahmi Eliyana Institut Maritim Prasetiya Mandiri
  • Kristina Agustiani Institut Maritim Prasetiya Mandiri
  • Nadisa Theresia Putri Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.8

Keywords:

inovasi, wirausaha, pemberdayaan ekonomi, Olahan tahu

Abstract

Pengabdian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan pembuatan makanan olahan tahu pada ibu- ibu rumah tangga di lingkungan RT 009 Rajabasa Jaya. Adapun tujuan dari pelatihan ini agar dapat menciptakan jiwa wirausaha para ibu-ibu rumah tangga, meningkatkan keterampilan dalam bidang pengolahan pangan, terutama dalam hal pembuatan olahan tahu, sehingga mampu memberikan tambahan penghasilan bagi keluarga. Olahan tahu cukup prospektif karena makanan favorit di masyarakat. Tahu mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga berpotensi diolah menjadi produk pangan yang bergizi. Bahan dan cara pembuatan olahan tahu mudah diperoleh dan dipraktekkan. Metode pelaksanaan pelatihan dengan metode langsung praktek. Hasil evaluasi pelatihan membuat pangan olahan tahu ini terlaksana dengan baik dan peserta ibu ibu rumah tangga sudah mempunyai kreatifitas dan inovasi dalam membuat olahan tahu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Eko Sujianto. (2018) PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PELATIHAN PRODUKSI TAHU DAN KERUPUK OKARA BAGI IBU RUMAH TANGGA DESA BENDILJATI KULON KABUPATEN TULUNGAGUNG. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Volume 6, Nomor 1, Juli 2018: 27 – 34.

Antonites, AJ and Vuuren, JJ van. (2014) Inducing Entrepreneurial Creativity, Innovation and Opportunity-Finding Skills. South African Journal of Economics and Management Sciences. Vol. 8 No. 3. pg. 257.

Coyle, Mary. (2016) Model Baru Kemitraan Universitas-Masyarakat untuk Perguruan Tinggi di Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dewi, Firly Istighfariana. 2023. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Putih Dengan Metode Statistical Process Control (SPC) Pada UD Sindang Kasih Di Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

Elfariyanti, Ainul Fahmi Syahpitri. (2021) ANALISIS KANDUNGAN KALSIUM PADA TAHU PUTIH DAN TAHU SUMEDANG YANG DIJUAL DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH. Jurnal Sains & Kesehatan Darussalam. 1(1) 10-16.

Hissrich, Robert D. and Peters, Michael P., 2002. Entrepreneurship. New York; TheMCGraw Hill.

Ismanurrahman Hadi, Samsudin Azhari, Deby Nurlutfiana. (2022) PENENTUAN KADAR PROTEIN DAN CEMARAN MIKROORGANISME TAHU PUTIH DARI PASAR TRADISIONAL X KOTA CIREBON. Jurnal Ilmiah Bhakti Farmasi. Vol 7 No.2 :45-48.

KBBI. “Arti kata Wirausaha.” https://kbbi.web.id/wiraswasta

Laila, P., & Komarudin. (2021) Peningkatan Ekonomi Masyarakat: Dampak Pemanfaatan Ampas Susu Kedelai Menjadi Nugget. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Meredith, Geoffrey G (1996). Kewirausahaan Teori dan Praktek. PPM: Jakarta.

Merkuria Karyantina dan Kapti Rahayu K. (2017) PELATIHAN PEMBUATAN STIK DAN KERUPUK AMPAS TAHU DI PERUMNAS MOJOSONGO. Jurnal Adiwidya Vol 1 No 1.

Sikana. (2016) Analisis Kualitatif Kandung Formalin pada Tahu yang Dijual di Beberapa Pasar di Kota Palu. Jurnal Kovalen.

Sukron Romadhona, Susan Barbara Patricia. (2020) Teknologi Diversifikasi Produk Tahu di Desa Sumbersalak Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga. Warta Pengabdian. Volume 14, Issue 1, pp.23-31.

Thomas W. Zimmerer & Norman M. Scarborough. (2004). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: Jakarta.

Yuniastuti, R. M., Nasyaroeka, J., & Akuntansi, P. S. (2022) Menumbuhkan Minat Wirausaha dan Kreatifitas snack tart pada Remaja di Bandar Lampung.

Published

2024-01-17

How to Cite

Puspita, E. V., Eliyana, R., Agustiani, K., & Putri, N. T. (2024). PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA MELALUI PELATIHAN OLAHAN TAHU DI RAJABASA JAYA RT 009 KOTA BANDAR LAMPUNG. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 55–60. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.8

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.