SOSIALISASI TES KEBUGARAN SISWA INDONESIA (TKSI) di MGMP PJOK SMA KOTA BANJARBARU

Authors

  • Muhammad Habibie Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary
  • Ari Tri Fitrianto Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary
  • Herlina Apriani Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.161

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Tes Kebugaran, TKSI

Abstract

Pada pembelajaran pendidikan jasmani banyak guru yang sudah menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Pada aspek kognitif guru sudah memiliki acuan yang ada pada buku Pendidikan Jasmani dan LKS siswa, Pada aspek Psikomotor dan Afektif sudah diterapakan hal-hal yang sesuai dengan tingkat pembelajaran siswa. Tetapi dalam pembelajaran pendidikan jasmani sering ada hal yang sering terlupakan, yaitu kebugaran siswa. Kenyataan nya kebugaran siswa adalah salah satu dari tujuan pendidikan jasmani itu sendiri. Tahun 2023 kemendikbud Indonesia telah mengeluarkan Tes Kebugaran Siswa Indonesia, yang mana tes ini sesuai dengan kondisi sarana prasarana yang ada di daerah-daerah Indonesia. Tes Kebugaran Siswa Indonesia. (TKSI) merupakan satu paket rangkaian tes kebugaran siswa Indonesia yang harus dilakukan secara keseluruhan tanpa mengurangi dan menambahkan item tes lain. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian terhadap masyarakat ini adalah untuk menjadi panduan bagi guru-guru tingkat SMA di kota Banjarbaru dalam pelaksanaan tes dan latihan, serta sebagai alat pengolahan dan penyimpanan data, bahkan sebagai prediktor dalam pengembangan bakat peserta didik di bidang olahraga. TKSI adalah sebuah web untuk mengukur Tingkat kebugaran jasmani dan mengukur serta indeks massa tubuh (BMI) yang bertujuan untuk mengukur berat dan tinggi ideal siswa. Sosialisasi ini dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan pretes kemampuan tentang pengetahuan tentang tes kebugaran siswa Indonesia. Begitu pula setelah selesai rangkaian sosialisasi, Para guru diberikan 18 soal tentang (TKSI) post tes tentang pengetahuan tentang tes dan kebugaran siswa. Ada peningkatan sekitar 80% pengetahuan tentang tes kebugaran siswa indonesia yang terlihat dari post test dari kegiatan yang meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmilyadi, R., and Yendrizal. 2020. “Hubungan Antara Kemampuan Vo2max Dan Status Gizi Dengan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Di SMA Negeri 2 Kerinci.” Jurnal Patriot 2(2):538.

Hermawan, I. ,., U. ,. Maslikah, M. ,. Masyhur, and G. Jariono. 2020. “Hermawan, I., Maslikah, U., Masyhur, M., & Jariono, G. (2020, December). Pelatihan Kondisi Fisik Pelatih Cabang Olahraga Kota Depok Jawa Barat Dalam Menghadapi Persiapan PORPROV 2022.” N Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 1.

Kemendikbud. 2018. Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan.

Ramadhan, F. 2023. “PENGARUH METODE CIRCUIT TRAINING UNTUK MENINGKATKAN AGILITY DALAM DRIBBLING PADA PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMK BATIK SAKTI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023.” Digilib.Uns.Ac.Id.

Risaldi, M. Y. D. ,., R. P. ,. Herpandika, and B. A. Pratama. 2023. “Penerapan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Di SDN Siwalan 1 Kabupaten Nganjuk.” SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga 4(2):224–32.

Wahid, W. N. ,., and A. W. Kurniawan. 2023. “Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Master Penjas & Olahraga 4(1):270–81.

Published

2024-07-30

How to Cite

Habibie, M., Fitrianto , A. T., & Apriani , H. (2024). SOSIALISASI TES KEBUGARAN SISWA INDONESIA (TKSI) di MGMP PJOK SMA KOTA BANJARBARU. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1339–1343. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.161

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.