PENGARUH ALOKASI DANA DESA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN DESA (STUDI KASUS DESA SEI LAMA KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN)

Authors

  • Millenio Gunawan Silitonga Medan Area University
  • Indah Cahya Sagala Universitas Medan Area
  • Thezar Fiqih Hidayat Hasibuan Medan Area University

DOI:

https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2.90

Keywords:

Village Fund Allocation, Community Participation and Village Development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alokasi Dana Desa dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pembangunan Desa di Desa Sei Lama Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Masyarakat Desa Sei Lama Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 99 responden dengan metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil penyebaran kuesioner tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Alokasi Dana Desa, dan Partisipasi Masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembangunan Desa Di Desa Sei Lama Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Dengan hasil ini diharapkan desa Sei Lama diharapkan melakukan pemekaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ferdinandus, A. Y. (2019). Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Pelaksanaan Program Pembangunan Desa Pada Kampung Maladuk Distrik Klasafet Kabupaten Sorong. Jurnal El-Riyasah.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Sendy, A. A. (2020). Pengaruh partisipasi masyarakat terhadap pembangunan desa dimediasi oleh pemerintah desa: Studi kasus Desa Beringin Makmur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Vanviora, R. (2023). Pengaruh Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa, Akuntabilitas Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Desa Di Desa Tandun Barat Kabupaten Rokan Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area)

Published

2024-04-30

How to Cite

Silitonga, M. G., Sagala, I. C., & Thezar Fiqih Hidayat Hasibuan. (2024). PENGARUH ALOKASI DANA DESA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN DESA (STUDI KASUS DESA SEI LAMA KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN) . Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(2), 856–869. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i2.90

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.